Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PEMANFAATAN RAPOR PENDIDIKAN SATUAN PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT EVALUASI DAN PERENCANAAN BERBASIS DATA

Daniel Minarso (Unknown)
Sri Nurhayati (Unknown)
Verra Prastika (Unknown)
Nurkholis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Rapor Pendidikan merupakan instrumen penting untuk menilai kinerja dan mutu pendidikan di berbagai jenjang. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemanfaatan Rapor Pendidikan dapat membantu pemangku kepentingan, seperti kepala sekolah, guru, dan pemerintah, dalam mengevaluasi dan merencanakan peningkatan kualitas pendidikan. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan menelaah literatur yang relevan serta studi kasus implementasi Rapor Pendidikan di beberapa daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rapor Pendidikan mampu memberikan gambaran menyeluruh tentang capaian siswa, mutu sekolah, serta efektivitas kebijakan pendidikan. Namun, tantangan seperti rendahnya pemahaman pengguna dan keterbatasan data perlu diatasi untuk optimalisasi penggunaan Rapor Pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...