ABSTRAK Program Sabtu Budaya merupakan serangkaian kegiatan kebudayaan yang dilakukan setiap hari sabtu di sekolah dasar yang bertujuan untuk dalam menanamkan nilai-nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi dan kendala program sabtu budaya sebagai solusi penguatan pendidikan karakter Siswa SDN 2 Semayan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian meliputi tari tradisional, lagu tradisional, permainan tradisional, dan pakaian adat. Selanjutnya, data yang dikumpulkan disesuaikan dengan implementasi nilai karakter dalam program sabtu budaya di SDN 2 Semayan yaitu karakter mandiri dan karakter integritas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa karakter mandiri tercermin ketika peserta didik tidak patah semangat saat mendapat kritik dan saran, bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tanggung jawab, berani menampilkan pertunjukan budaya, dan bekerja keras dengan berlatih lebih intens mempersiapkan pertunjukan sabtu budaya. Selanjutnya karakter integritas tercermin pada perilaku peserta didik yang tidak menghindar dari tugas dan bertanggung jawab menampilkan pertunjukan budaya daerah, berpartisipasi gotong royong, disiplin, taat pada aturan, serta bersikap empati kepada orang lain, dan berkomitmen menggunakan pakaian berdasarkan ketentuan sekolah, serta bersikap sopan santun kepada seluruh warga sekolah.
Copyrights © 2024