Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ashari, Reni (Unknown)
Tobroni (Unknown)
Fatkhiyani, Kiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5e menggunakan media pop-up book terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian true eksperimen berupa pretest-posttest control-group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V UPTD SDN 1 Srengseng tahun ajaran 2023/2024 dengan teknik pemilihan secara acak. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Berdasarkan data analisis independent t-test pada hasil belajar sebesar (6,116) dan motivasi belajar sebesar (6,615) thitung lebih dari nilai ttabel (1,684) menunjukkan nilai sig sebesar 0,00. Nilai signifikansi kurang dari (0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh model learning cycle 5e menggunakan media pop-up book terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Pada perhitungan n-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 71,55 berkategori tinggi dan kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 47,11 berkategori sedang. Maka, terdapat peningkatan yang signifikan terhadapat hasil belajar IPA pada siswa kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...