Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DRIBBLING SEPAKBOLA PADA SISWA EKSTRAKULIKULER DI SMPN 2 PURWAKARTA

Bambang, Bambang Mochamad Faisal (Unknown)
Kusuma Yuda R, Aria (Unknown)
Ismaya, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Anggota ekstrakurikuler sepakbola SMPN 2 Purwakarta banyak yang masih kurang baik dalam melakukan dribbling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode latihan kelincahan terhadap peningkatan kemampuan dribbling sepakbola pada siswa ekstrakulikuler di SMPN 2 Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Purwkarta. Populasi penelitian ini adalah anggota/peserta didik eskul sepakbola yang berjumlah 30 orang, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Desain penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan model one-grup pretest-posttest. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah tes dribbling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan tendangan sabit siswa, dengan nilai mean pretest 52.07 dan nilai mean posttest 79,77. Uji hipotesis menggunakan paired sample T test memberikan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menunjukan adanya pengaruh signifikan antara nilai sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa latihan kelincahan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan dribbling siswa ekstrakulikuler di SMPN 2 Purwakarta. Kata Kunci: Latihan Kelincahan, dribbling, Ekstrakurikuler sepakbola

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...