Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI KELAS IX SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

Rahmatiah Ardianti, Arifah (Unknown)
Sridana, Nyoman (Unknown)
Pramestie Wulandari, Nourma (Unknown)
Prayitno, Sudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari pola asuh orang tua di kelas IX SMP Negeri 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian yaitu 6 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu angket, tes, dan wawancara dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket pola asuh orang tua, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan pola asuh demokratis memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori sangat kreatif dan kreatif, dengan memenuhi aspek kefasihan dan aspek fleksibilitas tetapi belum mampu memenuhi aspek kebaruan. Subjek dengan pola asuh permisif memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori kreatif, dengan memenuhi aspek kefasihan dan aspek fleksibilitas tetapi belum mampu memenuhi aspek kebaruan. Subjek dengan pola asuh otoriter memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori tidak kreatif, subjek tidak mampu memenuhi aspek kefasihan, aspek fleksibilitas, maupun aspek kebaruan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...