Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari pola asuh orang tua di kelas IX SMP Negeri 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian yaitu 6 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu angket, tes, dan wawancara dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket pola asuh orang tua, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan pola asuh demokratis memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori sangat kreatif dan kreatif, dengan memenuhi aspek kefasihan dan aspek fleksibilitas tetapi belum mampu memenuhi aspek kebaruan. Subjek dengan pola asuh permisif memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori kreatif, dengan memenuhi aspek kefasihan dan aspek fleksibilitas tetapi belum mampu memenuhi aspek kebaruan. Subjek dengan pola asuh otoriter memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori tidak kreatif, subjek tidak mampu memenuhi aspek kefasihan, aspek fleksibilitas, maupun aspek kebaruan.
Copyrights © 2024