Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 Progres

HUBUNGAN FASILITAS KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Ach. Miftahul Akbar (STKIP PGRI Sumenep)
Zainuddin Zainuddin (STKIP PGRI SUMENEP)
Framz Hardiansyah (STKIP PGRI SUMENEP)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas kelas terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah 20 siswa. Dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I−VI Sekolah Dasar Pangarangan 3 berjumlah 250 siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat hubungan fasilitas kelas terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut berarti pada penelitian yang dilakukan memiliki pengaruh langsung yang kuat. Dengan fasilitas belajar yang lebih lengkap dan memadai maka siswa akan lebih termotivasi dalam belajar. Fasilitas belajar yang lengkap akan memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih giat belajar sehingga hasil belajar siswa tersebt menjadi lebih baik atau meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...