Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas kelas terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah 20 siswa. Dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I−VI Sekolah Dasar Pangarangan 3 berjumlah 250 siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat hubungan fasilitas kelas terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut berarti pada penelitian yang dilakukan memiliki pengaruh langsung yang kuat. Dengan fasilitas belajar yang lebih lengkap dan memadai maka siswa akan lebih termotivasi dalam belajar. Fasilitas belajar yang lengkap akan memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih giat belajar sehingga hasil belajar siswa tersebt menjadi lebih baik atau meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025