Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatkan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat literasi siswa kelas V SDN Arjasa 1 Kangean. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi kelas V belum maksimal. Karena masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya sarana dan prasarana serta tidak ada peningkatan yang signifikan terhadap jumlah kunjungan dan peminjam buku di perpustakaan. 2) Minat literasi siswa kelas V dengan memanfaatkan perpustakaan kurang efektif karena lokasi perpustakaan kurang strategis 3) Perpustakaan sekolah di SDN Arjasa 1 Kangean perlu adanya pembaharuan dengan cara meningkatkan fasilitas dan membuat banyak media yang menarik bertujuan untuk memaksimalkan program literasi siswa kelas V dan kegiatan di perpustakaan sekolah sehingga minat dan keterampilan membaca siswa kelas V di SDN Arjasa 1 Kangean dapat meningkat.
Copyrights © 2025