Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025

ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT LITERASI SISWA KELAS V SDN ARJASA 1 KANGEAN

Rahman, Hafidur (Unknown)
bahri, Syaiful (Unknown)
M. Ridwan, M. Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatkan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat literasi siswa kelas V SDN Arjasa 1 Kangean. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi kelas V belum maksimal. Karena masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya sarana dan prasarana serta tidak ada peningkatan yang signifikan terhadap jumlah kunjungan dan peminjam buku di perpustakaan. 2) Minat literasi siswa kelas V dengan memanfaatkan perpustakaan kurang efektif karena lokasi perpustakaan kurang strategis 3) Perpustakaan sekolah di SDN Arjasa 1 Kangean perlu adanya pembaharuan dengan cara meningkatkan fasilitas dan membuat banyak media yang menarik bertujuan untuk memaksimalkan program literasi siswa kelas V dan kegiatan di perpustakaan sekolah sehingga minat dan keterampilan membaca siswa kelas V di SDN Arjasa 1 Kangean dapat meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...