Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 Progres

MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN CREATIVE THINKING ANAK

Pascalian Hadi Pradana (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Mar Atussholikhah (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Hisbiyatul Hasanah (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Permasalahan yang ditemukan yaitu: 1) Kurangnya anak dalam menuangkan imajinasi creative thinking, 2) Anak belum bisa memilih atau mengarahkan sendiri apa yang anak itu sukai dalam berkreasi, 3) kurang menariknya guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan creative thinking anak melalui model (PBL) berbasis loost part. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tidakan kelas (PTK), pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menemukan adanya peningkatan rata-rata keterampilan creative thiking anak pada kegiatan pembelajaran di siklus I yang awalnya ketuntasan mencapai 69% setelah melakukan tindakan siklus II mencapai 78% sehingga dari media kolase sebagai pendukung berjalannya pembelajaran PBL memberikan kesempatan kepada anak untuk lebih mudah mengerti dalam pembelajaran yang nyata atau konkrit yang ditemukan dilingkungan sekitar. Jadi diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) melalui media kolase anak usia dini mampu meningkatkan keterampilan creative thiking. Oleh karena itu pembelajaran model PBL di anggap sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan creative thinking anak khususnya dalam menuangkan imajinasinya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...