Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 92 SINGKAWANG

Pindari (Unknown)
Dina Anika Marhayani (Unknown)
Wasis Suprapto (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model make a match berbantuan media video pembelajaran pada materi cahaya dan sifatnya kelas V SDN 92 Singkawang. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 92 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model make a match berbantuan media video pembelajaran pada materi cahaya dan sifatnya kelas V SDN 92 Singkawang dengan hasil perhitungan uji T yaitu T-hitung = 5,22117 ≥ nilai T-tabel = 1,70329, maka terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran make a macth berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V. 2) Terdapat pengaruh yang besar model pembelajaran make a match berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 92 Singkawang dengan perhitungan uji Effect Size dengan nilai rata-rata pre-test = 29,64 < rata-rata post-test = 91,43 yang bearti dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...