Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORI KINESTETIK) BERBASIS MEDIA CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 216 TALUNGENG KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Andi Asril Mandala Putra (Unknown)
Muhammad Faisal (Unknown)
Amir Pada (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) berbasis media Canva terhadap minat belajar IPAS siswa kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi-eksperimental dengan bentuk non-equivalent control group design. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan angket. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SDN 216 Talungeng sebanyak 285 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 216 Talungeng sebanyak 35 siswa yang tersebar di dua kelas yaitu kelas IVA sebanyak 18 peserta didik dan kelas IVB sebanyak 17 siswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) berbasis media Canva pada siswa kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone menunjukkan kategori sangat baik. (2) Minat belajar IPAS siswa kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori sangat berminat. (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) berbasis media Canva terhadap minat belajar IPAS siswa di Kelas IV SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...