Riset ini didorong oleh rendahnya kemampuan membaca anak yang disebabkan oleh beberapa variabel, antara lain kurangnya motivasi belajar dan tantangan dalam pengenalan huruf. Riset ini bertujuan untuk menilai dampak media pembelajaran pohon membaca terhadap kemampuan membaca siswa kelas satu SDN Keboananom Sidoarjo. Riset ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan kelompok kontrol posttest-only. Sampelnya ada dua kelas, yaitu kelas 1D yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan kelas 1C yang juga berisi 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dievaluasi secara statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya simpangan yang cukup besar antara kelas yang menggunakan media pohon baca dan kelas yang tidak menggunakan media pohon baca. Uji statistik menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa media membaca pohon berpengaruh terhadap kemampuan membaca pertama siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024