Permasalahan penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa masih kurang karena belum adanya perhatian terhadap mandiri dalam belajar. Penyebabnya adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, proses pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru (teacher center). Alternatif pemecahan masalah pada penelitian ini menggunakan model LEGO (Problem Based Learning, Group Investigation, dan Teams Games Tournament) dan Permainan Mission x. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan dua macam pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian disini adalah siswa kelas IV SDN Pemurus Dalam 6, yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa pada pertemuan 1 mencapai 39% dengan kriteria kriteria cukup mandiri dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 94% dengan kriteria sangat mandiri. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model LEGO dan Permainan Mission x dapat meningkatkan kemandirian siswa. Disarankan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan berpikir kritis, kemandirian dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024