Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang dihadapi di sekolah mengenai kegiatan pembelajaran yang sebagian besar masih bersifat akademis. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah idealnya harus merangsang dan memaksimalkan semua kecerdasan yang beragam sejak masa bayi. Namun, keadaan yang sebenarnya menunjukkan adanya tantangan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal, karena pendidikan masih sebagian besar bersifat akademis dan belum memiliki varian khusus, seperti media gamifikasi, dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan kecerdasan interpersonal anak. Salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak adalah melalui penggunaan permainan berburu harta karun. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kegiatan berburu harta karun terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5 sampai 6 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Peneliti menggunakan data dan sumber sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan berasal dari temuan-temuan publikasi terdahulu dan artikel jurnal yang relevan dengan permasalahan yang peneliti identifikasi. Berdasarkan temuan-temuan penelitian terdahulu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan berburu harta karun berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5 sampai 6 tahun.
Copyrights © 2024