Dadiah merupakan salah satu makanan tradisional Sumatera Barat yang nyaris puna dan tidak dikenal oleh generasi muda. Setelah dilakukan penelitian tentang pemetaan, nilai tambah dan preferensi konsumen terhadap dadiah, maka upaya agar produk berbasiskan kearifan local dapat bertahan, dilakunak pengembangan produk. Untuk itu Penelitian ini bertujuan mendapatkan posisi dan strategi pengambangan agroindustri dadiah di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan sample ditentukan secara sengaja (purposive sampling) sebanyak 35 orang, yaitu pengusaha dadiah, pakar peneliti, lembaga pendukung, dan panelis preferensi konsumen. Posisi strategis agroindustri dadiah di Provinsi Sumatera Barat berada pada sel V yakni growth konsentrasi melalui integrasi horizontal. Posisi ini menunjukkan bahwa produk dadiah yang menjadi produk unggulan agroindustri yang dikembangkan produk atau jasa. Strategi pengembangan produk dadiah di Provinsi Sumatera Barat dengan cara promosi, mengembangkan olahan dadiah yang memiliki umur simpan yang lama, penetapan harga yang murah dari pesaing, pengurusan perizinan untuk dapat memperluas pasar.
Copyrights © 2025