Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan penguasaan materi peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII-2 SMPN7 Maluku Tengah yang diajarkan dengan merapkan model pembelajaran Problem Solving. Tipe penelitian ini adalah adalah one group pretest-posstest, dengan 29 peserta didik sebagai sampel penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini diambil melalui instrument tes dan non tes, dimana sebelum instrument tes berupa tes awal dan akhir, sedangkan instrument non tes berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukan kemampuan tes awal 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal dengan rerata nilai 35,33 Sedangkan rerata nilai skor pencapaian kemampuan tes akhir peserta didik berada dalam kualifikasi baik dengan rerata nilai yaitu 78,31 Hal ini dibuktikan dengan hasil uji N-gain yang menunjukan rerata nilai peserta didik sebesar 0,50 pada kualifikasi sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi getaran dan gelombang efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan materi peserta didik kelas VIII-2 SMP N7 Maluku Tengah.
Copyrights © 2025