Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MENGGUNAKAN QUIZIZZ PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN: Penelitian Research and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cipambuan Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024

Anita Nuryana (Universitas Pakuan)
Yuli Mulyawati (Universitas Pakuan)
Tatang Muhajang (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan instrumen penilaian menggunakan quizizz pada tema lingkungan sahabat kita subtema manusia dan lingkungan di kelas V SDN Cipambuan Kabupaten Bogor, serta mengetahui kelayakan instrumen penilaian menggunakan quizizz dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini diawali dengan pengumpulan informasi tentang kebutuhan dan permasalahan di sekolah dasar, merancang instrumen penilaian, melakukan validasi produk kepada para ahli, melakukan revisi produk, dan setelah itu melakukan uji coba instrumen penilaian kepada peserta didik. Hasil uji kelayakan instrumen penilaian menggunakan Quizizz menunjukkan bahwa produk ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket respon validator ahli evaluasi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 96,67%, begitu pula angket respon peserta didik yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 97,8%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...