Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

E-guidebook Seni Ventriloquist untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Verbal Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Novita Anggraini, Novita Anggraini (Unknown)
Dwi Agus Setiawan (Unknown)
Rahutami (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

E-guidebook merupakan bahan ajar interaktif berbasis elektronik yang berisi panduan, instruksi, maupun petunjuk mengenai suatu topik atau aktivitas tertentu. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan produk berupa bahan ajar e-guidebook seni ventriloquist. E-guidebook seni ventriloquist merupakan buku panduan digital yang dirancang untuk mengajarkan teknik ventriloquist, yaitu kemampuan berbicara tanpa menggerakkan bibir. E-guidebook yang dikembangkan menyajikan materi dan latihan-latihan praktis yang dapat melatih keterampilan verbal siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan dan kepraktisan dari produk yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D) atau pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE dengan 5 tahap meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Majangtengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-guidebook seni ventriloquist layak dan praktis untuk digunakan. Penilian oleh validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media mendapatkan presentase 81% dengan kategori “layak”. Penilaian oleh guru kelas VI mendapatakan presentase 91%. Serta rata-rata penilaian oleh siswa mendapatkan presentase sebesar 87%. Berdasarkan paparan hasil penilaian maka bahan ajar e-guidebook seni ventriloquist “Layak” dan “Sangat Praktis” digunakan di lapangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kecakapan literasi verbal siswa kelas VI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...