Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PRESTASI NONAKADEMIK SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Rezi Arta Anggraini (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Ayok Ariyanto (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Azid Syukroni (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Banyak lembaga pendidikan yang tidak memiliki manajemen ekstrakurikuler yang baik, berbeda dengan beberapa institusi lainnya. Saat ini, manajemen ekstrakurikuler yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi siswa nonakademik dan mengembangkan keterampilan mereka. Salah satu contoh lembaga yang berhasil dalam hal ini adalah SD Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, termasuk pengkonsolidasian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validitas data dijamin melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Ponorogo melibatkan perencanaan yang matang dengan diadakannya rapat kerja setiap awal tahun ajaran baru, pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan, serta evaluasi rutin untuk meningkatkan efektivitas program. Implikasi dari manajemen ekstrakurikuler yang ada di SD Muhamamdiyah Ponorogo yaitu salah satu diantaranya banyak masyarakat yang mendaftarkan anaknya disekolah tersebut serta pandangan baik masyarakat terhadap SD Muhamamdiyah Ponorogo yang mengedepankan prestasi siswa. Manajemen ekstrakurikuler yang baik di SD Muhamamdiyah Ponorogo dibuktikan dengan banyaknya prestasi siswa baik regional maupun nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...