Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V di SD Inpres Perumnas 2 kota Kupang, dengan fokus pada validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Permasalahan utama yang ditemukan adalah kurangnya media interaktif yang menarik, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data dikumpulkan melalui angket validasi ahli, respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian melibatkan ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Inpres Perumnas 2 kota Kupang. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini memperoleh persentase 88,54% (sangat valid) dari ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan melalui angket guru dan siswa menghasilkan persentase 98,40% (sangat praktis). Keefektifan diukur dari hasil tes siswa setelah penggunaan media, dengan persentase ketuntasan 91,75% (sangat efektif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint interaktif valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media ini cocok digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas V di SD Inpres Perumnas 2 kota Kupang.
Copyrights © 2025