Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS ESD DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V

Tri Angel Wulandari Amsal (Universitas Mulawarman)
Rosita Putri Rahmi Haerani (Universitas Mulawarman)
Erna Suhartini (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Salah satu kemampuan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi persaingan global adalah kemapuan berpikir kritis. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang di dalamnya di integrasikan konteks Education for Sustainable Development (ESD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis ESD, dalam meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di kelas V pada salah satu SDN Kota Samarinda. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V salah satu SDN di Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 42 orang. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa 18 soal pilihan ganda dan instrumen non tes berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunkaan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 42 sebesar 0,018. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Independent Sample t-test, jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian, karena nilai Sig. (2-tailed) yang didapatkan lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis ESD dalam meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa pada materi IPA Ekosistem di Kelas V pada salah satu SDN di Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Peningkatan kompetensi berpikir kritis siswa kelompok eksperimen sebesar 0,38 dan termasuk ke dalam kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...