Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi proyek gaya hidup berkelanjutan dalam menanamkan nilai-nilai karakter gotong royong pada siswa sekolah dasar. Proyek ini diimplementasikan melalui kegiatan pembuatan papan hias dari limbah botol plastik, yang berorientasi pada situasi nyata siswa agar lebih bermakna dan mudah diingat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dilaksanakan di kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar Negeri Kayuapak 1. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek gaya hidup berkelanjutan berhasil menanamkan nilai-nilai gotong royong melalui tiga elemen utama: kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Kegiatan pembuatan papan hias dari limbah botol plastik menumbuhkan kolaborasi melalui kerja sama dalam pengumpulan bahan dan proses pembuatan, kepedulian melalui sikap saling membantu dan menghargai perbedaan, serta berbagi melalui tindakan tolong-menolong dan meminjamkan alat. Proyek ini tidak hanya meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan, tetapi juga memperkuat karakter gotong royong yang esensial dalam Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana proyek-proyek berkelanjutan dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dasar untuk memperkuat nilai-nilai karakter.
Copyrights © 2025