Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2025

KREATIVITAS GURU PENGGERAK DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MEMALUI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK NEGERI PEMBINA WOHA

Masytah (Unknown)
Ahmadin (Unknown)
Retnoningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru penggerak dalam mendesain pembelajaran berbasis proyek melalui penerapan Kurikulum Merdeka di TK Negeri Pembina Woha. Kreativitas guru menjadi faktor kunci dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru penggerak di TK Negeri Pembina Woha mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek-proyek pembelajaran. Guru menunjukkan kreativitas dalam memilih tema yang relevan, merancang kegiatan yang berpusat pada anak, serta memanfaatkan sumber daya lokal untuk mendukung pembelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis proyek ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif anak, tetapi juga memperkuat karakter positif sesuai profil Pelajar Pancasila. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru penggerak sebagai agen perubahan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif di satuan pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...