Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia” di kelas V sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi pemahaman siswa melalui penerapan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/tes, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V, dengan data diperoleh melalui observasi, tes, dan wawancara, yang dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33% (9 siswa), sementara 67% (18 siswa) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut.
Copyrights © 2025