Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Order

PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI: MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA

Armita (Universitas Negeri Makassar)
Lili Nur Lisdawati (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haliq (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian literatur sistematis. Data dikumpulkan melalui penelusuran sumber-sumber akademik yang kredibel, seperti artikel jurnal ilmiah, buku referensi, dan laporan penelitian yang relevan.. Dalam penelitian ini membahas mengenai model pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Dengan kehadiran pendekatan saintifik tidak serta-merta siswa dapat langsung meningkat kemampuan dalam berargumentasi akan tetapi pengajar juga harus turut andil didalamnya agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengkaji fakta, dan serta siswa terbiasa dengan aktivitas berpikir kritis yang menjadi inti dari kemampuan argumentasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...