Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING PADA PAPER CUP TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI TAMAN KANAK-KANAK

Silvia Lubis (Universitas Negeri Padang)
Farida Mayar (Universitas Negeri Padang)
Indra Yeni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan motorik halus anak belum berkembang secara optimal terutama dalam kegiatan menggunakan gunting, memegang pensil dan menarik garis dengan benar, mewarnai gambar masih belum rapi. Penggunaan media guru dalam mengembangkan motorik halus di Taman Kanak-kanak kurang lentur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan finger painting pada Paper Cup terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Bhayangkari 3 Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B3 sebagai kelas eksperimen dan kelas B1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan tabel uji hipotesis pada kolom sig. (2-tailed) diperoleh nilai sig 0,000. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 0,000< 0,05. Sesuai dengan kriteria pengukuran pada uji hipotesis, apabila diperoleh nilai sig < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan finger painting pada Paper Cup memiliki pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...