Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan motorik halus anak belum berkembang secara optimal terutama dalam kegiatan menggunakan gunting, memegang pensil dan menarik garis dengan benar, mewarnai gambar masih belum rapi. Penggunaan media guru dalam mengembangkan motorik halus di Taman Kanak-kanak kurang lentur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan finger painting pada Paper Cup terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Bhayangkari 3 Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B3 sebagai kelas eksperimen dan kelas B1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan tabel uji hipotesis pada kolom sig. (2-tailed) diperoleh nilai sig 0,000. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 0,000< 0,05. Sesuai dengan kriteria pengukuran pada uji hipotesis, apabila diperoleh nilai sig < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan finger painting pada Paper Cup memiliki pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025