Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI AKU PATUH ATURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS III SDN 018 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Arman (Unknown)
Iksam (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Tujuannya pada penelitian ini guna mengidentifikasi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III C di SDN 018 Samarinda Ulu pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Aku Patuh Aturan” dengan pengimplementasian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang diadopsi ini yaitu tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc. Taggart, yang terbagi atas beberapa tahapannya antara lain: perencanaan, tindakan, pengamatan, maupun refleksi. Peserta didik kelas III C SDN 018 Samarinda ulu dengan jumlahnya 30 peserta didik sebagai subjeknya dengan rincian 15 laki-laki maupun 15 perempuan. Metode pengumpulan data ini mengadopsi observasi, tes, maupun dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu dengan kualitatif maupun kuantitatif. Temuan ini menunjukkan bahwasanya sebelum tindakan dilakukan, hanya 43,3% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rerata 69,7. Setelah dilakukannya tindakan di siklus I adanya peningkatan menjadi 56,6% dengan rerata nilai 71,5 dan pada siklus II jua meningkat dengan perolehan hasil akhir 83,3% yakni nilai reratanya 82,2. Sehingga, disimpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran PBL di kelas III C mampu menambah tingkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Aku Patuh Aturan”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...