Variabel yang berkontribusi dalam penelitian ini meliputi rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya antusiasme siswa, kecenderungan mereka untuk mudah bosan, ketidaktertarikan mereka dalam mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung, dan kurangnya media yang menarik selama proses pembelajaran. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menggunakan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas tiga di Sekolah Dasar Asembakor 1 di bidang siklus hidup hewan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metodologi penelitian yang digunakan. Tujuh siswa kelas tiga dari Sekolah Dasar Asembakor I menjadi subjek penelitian. Dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua sesi digunakan untuk melakukan penelitian ini. Empat fase penelitian tindakan kelas dilakukan selama dua siklus: perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi, dengan mengumpulkan informasi menggunakan alat seperti evaluasi atau tes yang mengukur pencapaian kompetensi. Penelitian ini dilakukan dalam dua putaran antara 15 Februari 2025 dan 22 Februari 2025. Temuan menunjukkan peningkatan yang nyata dalam hasil belajar siswa. Sebanyak 3 siswa tuntas dalam kegiatan tersebut, sehingga persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 42,8%. Pada siklus II, semua siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 100%. Penggunaan media pembelajaran berupa media diorama menyebabkan hasil belajar siswa meningkat .
Copyrights © 2025