Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2025): Volume10 Nomor 2, Juni 2025

PENERAPAN MEDIA DIORAMA PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS III DI SD NEGERI ASEMBAKOR 1

Rizqiyanti Nur Karimah (Unknown)
Ribut Prastiwi Sriwijayanti (Unknown)
Faridahtul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Variabel yang berkontribusi dalam penelitian ini meliputi rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya antusiasme siswa, kecenderungan mereka untuk mudah bosan, ketidaktertarikan mereka dalam mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung, dan kurangnya media yang menarik selama proses pembelajaran. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menggunakan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas tiga di Sekolah Dasar Asembakor 1 di bidang siklus hidup hewan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metodologi penelitian yang digunakan. Tujuh siswa kelas tiga dari Sekolah Dasar Asembakor I menjadi subjek penelitian. Dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua sesi digunakan untuk melakukan penelitian ini. Empat fase penelitian tindakan kelas dilakukan selama dua siklus: perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi, dengan mengumpulkan informasi menggunakan alat seperti evaluasi atau tes yang mengukur pencapaian kompetensi. Penelitian ini dilakukan dalam dua putaran antara 15 Februari 2025 dan 22 Februari 2025. Temuan menunjukkan peningkatan yang nyata dalam hasil belajar siswa. Sebanyak 3 siswa tuntas dalam kegiatan tersebut, sehingga persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 42,8%. Pada siklus II, semua siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 100%. Penggunaan media pembelajaran berupa media diorama menyebabkan hasil belajar siswa meningkat .

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...