Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Order

PENGARUH KEDISIPLINAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA KELAS V SDN SE-KAPANEWON BAMBANGLIPURO

Suhendra Taufiq (Universitas Terbuka)
Sri Sarwanti (Universitas Tidar)
Jaka Warsihna (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Kemandirian belajar penting untuk meningkatkan keberhasilan, menyelesaikan berbagai tantangan, dan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan ex post facto. Populasi terdiri dari 333 siswa kelas V SDN se-Kapanewon Bambanglipuro, dengan sampel 172 siswa yang dipilih melalui proportional random sampling berdasarkan Tabel Isaac dan Michael. Data dikumpulkan menggunakan skala psikologi dan dianalisis dengan regresi linier berganda setelah uji prasyarat terpenuhi. Hasil menunjukkan bahwa kedisiplinan (sig. 0,00; t = 16,519) dan efikasi diri (sig. 0,00; t = 13,684) berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar secara parsial, dengan kontribusi masing-masing sebesar 0,616 dan 0,524. Secara simultan, kedisiplinan dan efikasi diri berpengaruh signifikan (sig. 0,00; F = 169,536) dengan kontribusi sebesar 0,667. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru melakukan penguatan kedisiplinan dan efikasi diri siswa, khususnya melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...