Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 q

PENGARUH WORKSHOP OPTIMALISASI QUIZIZZ DENGAN AKUN BELAJAR.ID TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI SMKN 1 JRENGIK

Fida Nur Irawati (fida)
Achmad Imam Agung (Universitas Negeri Surabaya)
I Gusti Putu Asto Buditjahjanto (Universitas Negeri Surabaya)
Lilik Anifah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pendidikan menjadi salah satu strategi penting untuk meningkatkan hasil belajar. Namun, masih terdapat beberapa guru yang belum mampu menggunakan media interaktif seperti Quizizz dengan baik, terutama menggunakan akun belajar.id yang disediakan pemerintah. Oleh karena itu diperlukan workshop optimalisasi Quizizz dengan akun belajar.id untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskripsi dengan menggunakan desain One-Group pretest-posttest dan survei dengan angket tertutup menggunakan google form. Dan korespondennya adalah seluruh guru dari dua konsentrasi keahlian di SMK Negeri 1 Jrengik sebanyak 31 guru. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan kemampuan guru untuk membuat media pembelajaran setelah workshop. Terbukti hasil pretest diperoleh rata-rata 41,77 dan posttest rata-rata 77,70; Gain score 35,93 dan N-Gain nilai 0,62 menunjukkan kategori sedang. Selain itu, dari analisis angket menunjukkan bahwa guru memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang elemen teknis, inovasi dalam pembelajaran, dan evaluasi yang efektif dengan Quizizz. Selain itu, partisipasi dan minat belajar siswa meningkat sebagai hasil penggunaan Quizizz dalam proses pembelajaran. Perlu adanya workshop lanjutan untuk mengoptimalkan akun belajar.id guru dan aplikasi digital lain yang dapat memberikan pembelajaran menarik, interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini masih terdapat kekurangan yaitu perlu adanya penelitian kuantitatif dari penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Jrengik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...