Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK TARI KICIR - KICIR DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS V SDN SEMANAN 05: Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sanjaya, Nisrina Ayu Anareta (Unknown)
Imaningtyas, Imaningtyas (Unknown)
Utami, Nindya Chandra Muji (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Rendahnya keterampilan gerak tari siswa dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar menjadi permasalahan utama, terutama akibat metode pembelajaran yang kurang interaktif dan minimnya partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak tari Kicir-Kicir pada siswa kelas V melalui penerapan metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas V SDN Semanan 05 Pagi tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, angket, dan dokumentasi, yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan gerak siswa, termasuk ketepatan gerakan, keluwesan, ekspresi, dan kekompakan kelompok. Persentase ketuntasan siswa meningkat dari 44% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, melebihi kriteria keberhasilan sebesar 76%. Temuan ini menunjukkan bahwa metode drill efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak tari sekaligus mendorong motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, metode drill direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang interaktif dan aplikatif dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...