Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

Pengaruh Implementasi Metode Community Language Learning (CLL) Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Aris Aris Harja Kusuma (Universitas Negeri Jakarta)
Herlina Herlina Usman (Universitas Negeri Jakarta)
Yunus Mahmud Yunus (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas lima di SDN Menteng 01 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan kelancaran dan ketepatan berbicara, merasa lebih percaya diri dan nyaman dalam menyampaikan ide, serta menunjukkan partisipasi aktif dan keterlibatan emosional selama pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif yang difasilitasi oleh guru memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...