Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SDN 12 PADANG LUA KABUPATEN AGAM

Ivalent, Sandra (Unknown)
Zuryanty, Zuryanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Kooperatif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 12 Padang Lua, Kabupaten Agam. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik akibat kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran IPAS oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan 25 peserta didik kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan tes, dengan sumber data berupa penilaian terhadap Modul Ajar, pelaksanaan pembelajaran, serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada berbagai aspek. Rata-rata penilaian Modul Ajar meningkat dari 86,11% (baik) menjadi 97,22% (sangat baik). Aktivitas guru meningkat dari 83,33% menjadi 94,44%, sedangkan aktivitas peserta didik dari 88,33% menjadi 94,44%. Hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari rata-rata 74,20 (kualifikasi cukup) pada siklus I menjadi 82,00 (kualifikasi baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif dengan pendekatan CTL efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SDN 12 Padang Lua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...