Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE SUGAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

farhan, muhammad (Unknown)
Taofik (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Hal esensial pada Kurikulum Merdeka adalah penggabungan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) (Solekahet al, 2022). dengan menerapkan media pembelajaran puzzle SUGAM. . Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur yang bertujuan untuk menggambarkan temuan berdasarkan kajian dari berbagai sumber yang relevan. Hasil kajian menunjukkan Media puzzle merupakan suatu media pembelajaran berupa potongan potongan gambar yang disusun hingga terbentuk menjadi gambar yang utuh yang berfungsi sebagai alat edukatif yang efektif untuk anak-anak. Permainan ini tidak hanya mendorong pengenalan warna dan bentuk, tetapi juga melatih kreativitas, keteraturan, dan konsentrasi. Pemilihan media puzzle selain menarik dapat memusatkan perhatian siswa. Pemanfaatan puzzle dalam pembelajaran dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan kolaboratif. Oleh karena itu, pengelolaan yang tepat dalam penggunaan puzzle sangat penting untuk memaksimalkan manfaatnya dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...