Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

PERAN UCAPAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR

Tsabita Khansa Kinanthi (Universitas Negeri Jakarta)
Arifin Maksum (Universitas Negeri Jakarta)
Anggit Aruwiyantoko (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Kemampuan menulis dan rasa percaya diri adalah dua aspek krusial yang harus ditumbuhkan sejak usia dini pada peserta didik sekolah dasar, khususnya di tingkat kelas rendah. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang menghadapi kesukaran dalam menulis serta kurang memiliki rasa percaya diri. Guru sebagai tokoh sentral dalam proses pembelajaran memiliki peran penting dalam memberikan motivasi dan dukungan melalui ucapan-ucapan yang membangun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah peran ucapan guru dalam mendorong peningkatan kemampuan menulis dan kepercayaan diri siswa kelas rendah melalui studi literatur. Penelitian ini dilakukan melalui metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mengkaji sepuluh artikel ilmiah yang sesuai. Temuan dari kajian ini mengungkapkan bahwa ucapan guru yang bersifat positif, membangun, dan memotivasi mampu mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan ide melalui tulisan serta meningkatkan kualitas keterampilan menulis mereka. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan komunikasi yang suportif dan empatik agar dapat mewujudkan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan akademik dan emosional siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...