Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MEDPEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERKALIAN MATEMATIS SISWA

Fadila Clara (Universitas Muria Kudus)
Diana Ermawat (Universitas Muria Kudus)
Fitriyah Amaliyah (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis materi perkalian siswa kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one-group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari 19 siswa kelas 2 SD Negeri 01 Wotan tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi Pre-test, Post-test, observasi,dan wawancara, dengan analissi data menggunakan Paired Samples T-Test dan N-Gain. penggunaan model PBL berbantuan MEDPEN terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada uji paired sample T-test memperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan sebelum dan sesudah menggunakan model PBL berbantuan MEDPEN. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar dalam 0,560 yang masuk dalam kategori sedang. Penelitian ini mengindikasikan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan sampel lebih besar serta mengekplorasi strategi inovatif lainnya dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...