Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis materi perkalian siswa kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one-group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari 19 siswa kelas 2 SD Negeri 01 Wotan tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi Pre-test, Post-test, observasi,dan wawancara, dengan analissi data menggunakan Paired Samples T-Test dan N-Gain. penggunaan model PBL berbantuan MEDPEN terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada uji paired sample T-test memperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan sebelum dan sesudah menggunakan model PBL berbantuan MEDPEN. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar dalam 0,560 yang masuk dalam kategori sedang. Penelitian ini mengindikasikan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan sampel lebih besar serta mengekplorasi strategi inovatif lainnya dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025