Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan orang tua terhadap keterlambatan membaca siswa kelas II-C SDN Pakis V Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, serta sumber data berupa wawancara, observasi, dokumentasi serta tes membaca saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 31 orang, yaitu 26 siswa kelas II-C, 4 orang tua siswa yang mengalami keterlambatan membaca dan 1 wali kelas II-C. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa dari 26 siswa kelas II-C terdapat 4 siswa yang mengalami keterlambatan membaca yang dipengaruhi oleh orang tua sibuk bekerja dan juga faktor perceraian orang tua, yang menjadikan anak kurang dukungan atau motivasi dari orang tua, sehingga perhatian terhadap perkembangan membaca anak menjadi rendah. Selain itu minat baca siswa yang rendah, kekurangan bahan bacaan yang menarik, serta kurangnya rasa percaya diri juga mempengaruhi keterlambatan membaca anak, Upaya sekolah untuk mengatasi masalah ini dilakukan dengan melibatkan orang tua dalam pelatihan serta menyarankan pemberian bimbingan yang rutin dirumah, dan pemberian motivasi serta hadiah agar anak anak lebih semangat membaca.
Copyrights © 2025