Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KONSEP PROFIL PELAJAR PANCASILA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN JOMBANG

Sobi'al, Sobi'al (Unknown)
Murtadlo (Unknown)
M Imam Farisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Guru memiliki peran penting sebagai contoh atau model yang baik untuk ditiru peserta didik. Dengan adanya kebijakan Kemendikbud tentang Profil Pelajar Pancasila tersebut para guru harus sudah memahami hal tersebut dan mampu menerapkannya di sekolah, Namun permasalahannya ialah, apakah dunia pendidikan kita sudah mengenal profil pelajar Pancasila ini, apakah sosialisasi sudah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, utamanya di lapangan atau dalam hal ini di tingkat satuan pendidikan/ sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan studi multikasus pada SD Negeri Plandaan dan SDIT Nurul Ilmi, dan analisis dokumen terkait dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila melibatkan beberapa aspek, termasuk pemahaman nilai-nilai Pancasila, partisipasi dalam kegiatan berbasis Pancasila, dan pengaruh lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yakni pada Sekolah Dasar yang menjadi studi multikasus telah menunjukkan bahwa guru dan sekolah telah mengimplementasikan pembelajaran yang berkaitan dengan profil pelajar pancasila. Hal ini beriringan dengan faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian profil pelajar pancasila pada setiap sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...