Guru memiliki peran penting sebagai contoh atau model yang baik untuk ditiru peserta didik. Dengan adanya kebijakan Kemendikbud tentang Profil Pelajar Pancasila tersebut para guru harus sudah memahami hal tersebut dan mampu menerapkannya di sekolah, Namun permasalahannya ialah, apakah dunia pendidikan kita sudah mengenal profil pelajar Pancasila ini, apakah sosialisasi sudah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, utamanya di lapangan atau dalam hal ini di tingkat satuan pendidikan/ sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan studi multikasus pada SD Negeri Plandaan dan SDIT Nurul Ilmi, dan analisis dokumen terkait dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila melibatkan beberapa aspek, termasuk pemahaman nilai-nilai Pancasila, partisipasi dalam kegiatan berbasis Pancasila, dan pengaruh lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yakni pada Sekolah Dasar yang menjadi studi multikasus telah menunjukkan bahwa guru dan sekolah telah mengimplementasikan pembelajaran yang berkaitan dengan profil pelajar pancasila. Hal ini beriringan dengan faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian profil pelajar pancasila pada setiap sekolah dasar.
Copyrights © 2025