Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol. 8 No. 3 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, PENERAPAN BALANCED SCORE CARD DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI e-MONEV TERHADAP KINERJA PELAYANAN SDM JEMAAT GPM IMANUEL KLASIS KOTA AMBON

Rudy Erens Maalete (Universitas Pattimura)
Novalien Carolina Lewaherilla (Universitas Pattimura)
Ferdy Leuhery (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, penerapan Balanced Scorecard, dan penggunaan sistem informasi e-Monev terhadap kinerja pelayanan sumber daya manusia (SDM). Lingkungan kerja yang kondusif berperan dalam meningkatkan produktivitas serta kepuasan kerja karyawan. Balanced Scorecard digunakan sebagai alat ukur strategis yang membantu organisasi dalam mengevaluasi kinerja Pelayan, proses internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan SDM Jemaat GPM Imanuel Klasis Kota Ambon. Sementara itu, implementasi sistem informasi e-Monev memungkinkan monitoring dan evaluasi berbasis digital yang lebih akurat serta transparan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis data melalui teknik regresi berganda. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 38 SDM yaitu Majelis yang terlibat dalam pelayanan jemaat GPM Imanuel Klasis Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang baik secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan kinerja pelayanan SDM. Selain itu, penerapan Balanced Scorecard memberikan dampak positif dalam pengambilan keputusan dan strategi organisasi, sedangkan penggunaan sistem informasi e-Monev mempercepat proses evaluasi serta meningkatkan akuntabilitas kinerja. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi lingkungan kerja yang mendukung, penerapan Balanced Scorecard, dan sistem informasi e-Monev dalam meningkatkan kinerja SDM dalam pelayanan jemaat. Rekomendasi diberikan agar organisasi semakin memperkuat kebijakan dan strategi berbasis digital guna meningkatkan efektivitas serta kualitas pelayanan.

Copyrights © 2025