Puskesmas Ulu Siau adalah salah satu fasilitas kesehatan di kepulauan, maka perlu untuk memberikan layanan maksimal untuk pasien dan pengunjung yang ada. Pemberian kinerja yang baik pegawai akan meningkatkan tingkat kepuasan pengunjung terhadap pelayanan Puskesmas. Observasi dan wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan terdapat 2-3 komplain pengunjung setiap minggu. Persentasi kehadiran pegawai Puskesmas menunjukan data 89% kehadiran dari total 52 pegawai. Komplain pengunjung mengindikasikan adanya masalah pada kinerja pegawai di Puskesmas menyebabkan kekurangan dalam memberikan pelayanan. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran tingkat produktivitas kinerja karyawan Puskesmas Ulu Siau agar bisa diminimalisir dampak terhadap komplain dan tingkat kepuasan layanan. Pengukuran produktivitas dilakukan dengan menggunakan metode OMAX (Objective Matriks). Tujuan dalam penelitian ini adalah mengukur seberapa besar tingkat produktivitas karyawan serta dapat memberikan rekomendasi terhadap perbaikan kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat produktivitas yang masih rendah, dengan indeks produktivitas 0,47 atau 47%. Angka ini mengindikasikan bahwa Puskesmas belum optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan. Analisis menunjukkan bahwa beberapa kriteria perlu ditingkatkan, terutama kriteria 2, 5, 6 dan 7 yang masih di bawah standar.
Copyrights © 2025