Penelitian ini menganalisis kekerasan Carrier as differential OHT 785C Caterpillar setelah proses repair crack. Carrier as differential adalah komponen dalam suatu differential dimana carrier as merupakan wadah atau tempat bekerjanya sebuah mekanisme differential. Rata-rata kerusakan yang terjadi pada carrier as adalah crack, wear step dan fretting. Penelitan ini menggunakan metode pengujian kekerasan Brinell, dengan spesimen dalam kondisi sebelum dan sesudah dan dilakukan pengukuran secara initial atau rata rata dari ke 3 indentasi carrier as. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan pada carrier as differential mengalami penurunan kekerasan dari sebelum repair crack 220,78 kgf/mm2, 221,68 kgf/mm2, dan 221,68 kgf/mm2 kemudian hasil setelah repair crack masing-masing sebesar 211,26 kgf/mm2, 212,08 kgf/mm2, dan 213,37 kgf/mm2, namun masih dalam range harga yang ditentukan dan masih dapat digunakan kembali. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa repair crack mempengaruhi nilai kekerasan karena adanya perlakuan panas saat proses welding dan juga material yang digunakan
Copyrights © 2025