Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 6 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Loneliness pada Siswa SMP

Tri Febrita Ziliwu (Universitas Prima Indonesia)
Natasya Alexander (Universitas Prima Indonesia)
Cecilia Jesslyn (Universitas Prima Indonesia)
Nurvica Sary P (Universitas Prima Indonesia)
Achmad Irvan Dwi Putra (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian kali ini bertujuan  untuk mengkaji keterkaitan antara tingkat kekuatan pengaplikasian media sosial dengan loneliness siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP). Loneliness atau perasaan kesepian merupakan kondisi psikologis yang umum dialami remaja dan dapat berdampak negatif terhadap kesejahteraan emosional dan sosial. Media sosial, sebagai salah satu bentuk komunikasi digital yang banyak digunakan remaja, diduga memiliki kontribusi terhadap munculnya perasaan kesepian tersebut. Pendekatan kuantitatif diterapkan pada studi ini dengan memanfaatkan analisis korelasi Pearson Product Moment sebagai teknik analisis data. Penelitian yang dilakukan ini melibatkan 251 siswa dari SMP Swasta Sultan Iskandar Muda, Medan, yang dipilih melalui teknik disproportionate stratified random sampling. Pemanfaatan  instrumen dalam riset ini berupa skala intensitas penggunaan media sosial dan skala loneliness, dimana  terbukti valid dan reliabel berdasarkan hasil pengujian. Hasil dari data yang telah dikaji lalu disimpulkan ada hubungan signifikan yang baik antara intensitas penggunaan media sosial dengan loneliness (r = 0,469; p < 0,05). Dapat diartikan juga, semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial, semakin tinggi pula tingkat loneliness yang dialami siswa. Sebesar 0,220 dari nilai R-Square menunjukkan intensitas aplikasian media sosial sebanyak 22% terhadap loneliness, kemudian 78% sisanya terdampak faktor lain. Indikasi penting pada riset ini adalah kesadaran dalam penggunaan media sosial secara bijak, guna mengurangi risiko loneliness pada remaja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...