Fotografi berperan penting pada industri pariwisata sebagai salah satu upaya mendukung unsur sapta pesona yaitu kenangan. Selain itu, fotografi saat ini juga dapat menjadi sumber informasi pariwisata. Salah satu penyedia layanan jasa fotografi pariwisata di Banyuwangi adalah Osing Studio. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumberdaya dan kapabilitas yang dimiliki Osing Studio guna mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage/ SCA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis Resource Based View (RBV). Berdasarkan hasil penelitian, Osing Studio memiliki 17 sumberdaya dan 5 kapabilitas yang digunakan dalam kegiatan promosi. Sumberdaya dan kapabilitas tersebut diolah menggunakan kerangka VRIO (Value, Rarity, Imitability, Organization) sehingga diketahui implikasi bersaingnya. Tahap pengambilan keputusan dipilih dari implikasi bersaing Sustainable Competitive Advantage dan Temporary Competitive Advantage.
Copyrights © 2024