Pariwisata merupakan sektor strategis yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pertukaran budaya. Di era digital, platform sosial media, terutama Instagram berperan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam strategi promosi destinasi wisata. Penelitian ini membahas strategi pemasaran digital Lanta Nice Beach Resort, Thailand, dalam meningkatkan minat dan kepuasan wisatawan melalui Instagram. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan fenomenologi, Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumentasi konten Instagram. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi pemasaran yang berbasis visual, interaksi aktif dengan wisatawan, serta penyelenggaraan event budaya mampu meningkatkan engagement dan loyalitas pelanggan. Meskipun menghadapi tantangan seperti persaingan ketat dan perubahan algoritma Instagram, resort ini berhasil mengatasinya melalui kerja sama dengan influencer, optimasi media sosial, serta diferensiasi layanan berbasis budaya. Instagram berperan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam strategi promosi dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital guna meningkatkan daya tarik dan kepuasan wisatawan.
Copyrights © 2025