Lentera Jurnal Pengabdian Maysarakat
Vol. 2 No. 2 (2024): LENTERA JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Aplikasi Go-Jek Kategori Go-Ride (Studi Kasus Mahasiswa Aktif Di Kota Palembang)

Azzahra, Mia (Unknown)
Hilda, Hilda (Unknown)
Aryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh kualitas pelayanan terhadap Loyalitas konsumen, menganalisa adanya pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas konsumen gojek kategori goride pada mahasiswa aktif di kota palembang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen aplikasi Gojek khususnya kategori goride. Sample yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yakni sampel di mana kriteria pemilihan didasarkan pada karakteristik tertentu. Dalam purposive sampling, peneliti memiliki alasan khusus dalam menentukan sampel yang akan diambil. Responden adalah pengguna Go-Jek yang telah menggunakan Go-Jek minimal empat kali dalam satu tahun terakhir. Metode analisis yang digunakan adalah metode perhitungan statistik, Model penelitian menggunakan Analisis Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Gojek kategori GoRide. Yang artinya semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh driver gojek terhadap pelanggan, semakin tinggi pula Tingkat loyalitas yang dirasakan. 2) Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Gojek kategori GoRide. Yang artinya Semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap driver Gojek, semakin tinggi pula tingkat Loyalitas yang dirasakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljmpkm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community ...