Journal of Integrated System
Vol. 3 No. 2 (2020): Journal of Integrated System Vol. 3 No. 2 (Desember 2020):

Kajian Ulang Penggunaan Media Digital Dalam Aktivitas Belajar Mengajar di Program Studi Teknik Industri

Elty Sarvia (Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Maranatha)
Andrijanto . (Universitas Kristen Maranatha)
Winda Halim (Universitas Kristen Maranatha)
Muhammad Rafi (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usability pada media digital yang digunakan sejak tahun 2014 sebagai sarana pendukung pembelajaraan di Program Studi Teknik Industri. Adapun media yang digunakan adalah blog dan course learning system (CLS). Blog digunakan sebagai media yang dinilai dapat menjembatani antara dosen dengan mahasiswa terkait informasi seputar perkuliahan. CLS digunakan sebagai media dosen untuk menyimpan materi perkuliahan, seperti teori dan modul praktikum, serta untuk mengadakan kuis online. Evaluasi usability akan mengukur media yang digunakan berdasakan kriteria learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Hal ini dilakukan untuk menentukan pengembangan lebih lanjut media digital sebagai sarana komunikasi yang diwajibkan oleh pemerintah. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner selama tahun 2019 dengan metode sampling purposive kepada dosen yang telah menggunakan sarana media khususnya blog dan CLS untuk mendukung proses pengajaran yang dilakukan. Dari hasil kuesioner diperoleh bahwa 2 kriteria dari lima kriteria Nielsen di atas rata-rata keseluruhan (2,97) yaitu Efficiency (3,07) dan Satisfaction (3,00) yang mengindikasikan bahwa media digital blog sudah efisien dalam operasinya dan pengguna (dosen) cukup puas dalam menggunakan. Sedangkan untuk sistem e-learning CLS terdapat 3 kriteria di atas rata-rata keseluruhan (2,72) yaitu Learnability (2,74), Memorability (2,77) dan Satisfaction (2,8) yang mengindikasikan bahwa mudah dipelajari, mudah diingat dan pengguna (dosen) cukup puas dalam menggunakan. Semua dosen sudah puas terhadap semua variabel untuk keenam konten, akan tetapi pada sistem CLS, dosen berpendapat bahwa variabel ‘Upload Latihan Soal’ belum memenuhi prinsip Efficiency dan beberapa variabel ‘UploadLatihan Soal’ dan ‘Info Tugas Kuliah’ belum memenuhi prinsip usability. Kata kunci (keywords): media digital, e-learning, Nielsen usability model

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Integrated System (JIS) focuses on contributing to the development of science and research in the field of Industrial Engineering, also information dissemination of research results for lecturers, researchers and practitioners. The journal welcomes manuscripts with topics related to ...