Indonesia Economic Journal
Vol. 1 No. 1 (2025): JUNE 2025

Strategi Pengembangan UMKM Berkelanjutan pada PT. Sukses Cahaya Empat Warna

Ega Bintang Pandora Setyabudi (Universitas Airlangga)
Annisa Mazidatuz Zahra (Universitas Airlangga)
Eka Islamiyah Ariani (Universitas Airlangga)
Zulfikar Alfauzi Zidane (Universitas Airlangga)
Rizaldi Arief Subagyo (Universitas Airlangga)
Fahrizal Putra Ardiansyah (Universitas Airlangga)
Faqih Al Abqoriy (Universitas Airlangga)
Andi Muhamad Umar Hanif Asrianto (Universitas Airlangga)
Tri Siwi Agustina (Universitas Airlangga)
Jhon Hardi (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Tim pengabdian masyarakat melakukan pendampingan kepada PT Sukses Cahaya Empat Warna yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, pada 21 Maret hingga 3 Mei 2025. UMKM ini terdapat beberapa kendala seperti belum tersedianya sertifikasi TKDN, struktur organisasi yang kurang terorganisir, belum adanya Standar Operasional Prosedur, pengelolaan keuangan yang belum maksimal, serta merek yang belum efektif. Oleh sebab itu, tim pengabdian masyarakat merekomendasikan untuk perbaikan struktur organisasi, pembuatan Standar Operasional Prosedur, serta penguatan merek melalui platform digital. Upaya ini juga mendukung pencapaian SDGs yaitu SDGs 8 (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi) dan SDGs 9 (industri, inovasi, dan infrastruktur).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

iej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Accepts research articles, both empirical studies and literature studies that focus on the fields of Economics, Accounting and ...