Patria Educational Journal
Vol 4 No 4 (2024): Volume 4 Nomor 4 Desember 2024

Pengembangan bahan ajar mengidentifikasi unsur pembangun teks puisi berbasis clil siswa Kelas VIII

Kusumaningrum, Feni (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang membantu siswa mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba, dan revisi produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar tergolong layak digunakan. Dari aspek isi materi, ahli materi menilai layak, guru Bahasa Indonesia sangat layak, dan siswa cukup layak. Aspek penyajian dinilai layak oleh ahli dan guru, serta cukup layak oleh siswa. Aspek grafika dinilai sangat layak oleh ahli dan layak oleh guru. Aspek bahasa dinilai sangat layak oleh ahli dan layak oleh siswa. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, guru, dan siswa, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP/MTs. Pendekatan CLIL dalam bahan ajar ini memungkinkan siswa tidak hanya memahami teks puisi secara mendalam, tetapi juga mengembangkan kemampuan bahasa secara terpadu dengan pemahaman konten sastra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...