Asghar: Journal of Children Studies
Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025

Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Indonesia

Salsabila, Ghina (Unknown)
Maulida Falasifa (Unknown)
Mohammad Irsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan dampaknya dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5–6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi, yang diterapkan sejak tahun 2022 berdasarkan Kurikulum Merdeka, dirancang untuk memenuhi kebutuhan individu anak sesuai kemampuan, minat, dan karakteristik mereka. Dalam proses ini, anak diberi kebebasan memilih kegiatan sesuai potensi mereka, yang menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan tanpa tekanan. Model pembelajaran kooperatif yang diterapkan membantu anak belajar secara interaktif dengan teman sebaya, melatih kemandirian, serta mematuhi aturan. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan signifikan pada kepercayaan diri, pengelolaan emosi, dan perilaku sosial anak. Program pengembangan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran, pelatihan guru secara berkala, serta evaluasi sosial emosional yang berkelanjutan memastikan setiap anak mendapatkan perhatian dan intervensi sesuai kebutuhan, sehingga tercipta ekosistem pendidikan yang kondusif dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

asghar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Program, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, ...