Jurnal Sains Riset
Vol 13, No 3 (2023): November 2023

Political Marketing: Strategi PAN pada Pemilu 2024 dalam Menyukseskan Agenda Politik Melalui Pembuatan Jingle

Aydil, Muhammad (Unknown)
Zuhri, Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Indonesia, sebagai negara demokratis, mengalami dinamika politik yang signifikan seiring dengan berkembangnya praktik pemasaran politik, yang didorong oleh keberagaman masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan pendidikan. Pemilu berfungsi sebagai arena kompetitif di mana strategi pemasaran politik memainkan peran yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perspektif akademisi Universitas Teuku Umar terhadap penggunaan jingle Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai strategi pemasaran politik pada pemilu 2024. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, termasuk wawancara dan observasi, penelitian ini menggunakan snowball sampling untuk pengumpulan data. Kerangka penelitian berfokus pada segmentasi, penargetan, dan positioning politik. Strategi pemasaran politik PAN yang sukses melibatkan upaya menjangkau masyarakat akar rumput melalui jingle, menyasar generasi muda dan Generasi Z, serta menciptakan citra positif yang berkesan. Memanfaatkan selebritis dan media sosial, strategi pemilu PAN 2024 terbukti efektif dan selaras dengan dinamika politik kontemporer, sehingga meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...