Jurnal Tecnoscienza
Vol. 9 No. 2 (2025): TECNOSCIENZA

Sistem Informasi Manajemen Posyandu Harmoni untuk Mendukung Digitalisasi Data Kesehatan Balita dan Ibu

Endah Septa Sintiya (Unknown)
Rizdania (Unknown)
Izzati, Afifah Nurul (Unknown)
Riskitasari, Septyana (Unknown)
Ikawati, Deasy Sandhya Elya (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Pelayanan data kesehatan balita dan ibu di Posyandu masih banyak dilakukan secara manual, yang rentan terhadap kesalahan pencatatan, kehilangan data, serta keterbatasan akses informasi. Permasalahan ini menghambat efektivitas pengelolaan layanan dan pemantauan tumbuh kembang anak serta kesehatan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Posyandu Harmoni sebagai solusi digital dalam mendukung proses pencatatan dan pengelolaan data kesehatan secara lebih terstruktur dan efisien. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Extreme Programming (XP), yang menekankan pada iterasi pendek, kolaborasi intensif dengan pengguna, dan pengujian berkelanjutan. Fitur utama sistem mencakup pengelolaan data balita, data ibu, pencatatan imunisasi, pemeriksaan kesehatan, serta laporan kegiatan posyandu. Pengujian dilakukan menggunakan pendekatan User Acceptance Testing (UAT) dengan melibatkan sepuluh responden, terdiri dari admin posyandu dan perwakilan donatur.Hasil pengujian menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang sangat tinggi, dengan rata-rata persentase sebesar 96,4%. Hal ini membuktikan bahwa sistem telah memenuhi kebutuhan pengguna baik secara fungsional maupun usability. Penelitian ini merekomendasikan implementasi sistem secara luas di berbagai Posyandu serta pengembangan fitur integrasi dengan sistem kesehatan daerah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...